Logo Bloomberg Technoz

Netflix Investasi Rp 37 T, Saham-saham Produsen Drakor Melesat

News
25 April 2023 19:00

Netflix (Sumber: Bloomberg)
Netflix (Sumber: Bloomberg)

Abhishek Vishnoi - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham media di Bursa Korea Selatan melonjak merespons investasi Netflix Inc. senilai US$2,5 miliar atau setara Rp37,34 triliun di industri hiburan di negeri gingseng tersebut. Ini akan membantu lebih banyak serial drama korea (drakor) dan film-film yang sempat mendunia seperti Squid Game dan The Glory.

Saham Showbox Corp. melonjak sebanyak 26%, terbesar sejak 23 November, sementara saingannya saham Studio Santa Claus Entertainment Co. melonjak sebanyak 23%. Investasi yang direncanakan Netflix selama empat tahun ke depan nilainya dua kali lipat jumlah yang dihabiskan layanan streaming Amerika Serikat (AS) di Korea dari 2016 hingga 2021.

Daya tarik global budaya pop Korea telah membuat saham-saham hiburan populer di kalangan investor ritel yang ingin mengandalkan seri besar berikutnya. Selama dua minggu berturut-turut bulan lalu, drama Korea berjudul The Glory menjadi acara yang paling banyak ditonton di Netflix, tampil di puncak di lebih dari 90 negara, dari India hingga Argentina. Hit lainnya termasuk Squid Game, serial TV dystopian, dan film hit Parasite, yang memenangkan empat Oscar.

Saham media lainnya yang terkait dengan Netflix, Astory Co. naik sebanyak 15%, sementara penyedia layanan penyiaran CJ ENM Co. naik 3,6%. Penyedia konten media ContentreeJoongAng Corp naik sebanyak 8% dan operator studio Studio Dragon Corp naik 9,2%.