Logo Bloomberg Technoz

Serangan Israel Tewaskan Bos Hamas, Harga Emas Cetak Rekor Baru

News
18 October 2024 05:40

Emas batangan. (Dok: Chalinee Thirasupa/Bloomberg)
Emas batangan. (Dok: Chalinee Thirasupa/Bloomberg)

Yvonne Yue Li - Bloomberg News

Bloomberg, Harga emas dunia naik ke rekor baru di tengah ketegangan yang sedang berlangsung di Timur Tengah. Para trader juga mempertimbangkan data AS yang membuat spekulasi Federal Reserve (The) tetap akan memangkas suku bunga.

Harga emas batangan menyentuh level tertinggi sepanjang masa di US$2.696,78 karena Israel mengatakan telah membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar, dalang serangan kelompok Palestina ke Israel selatan yang memicu perang di Gaza selama setahun. Investor biasanya mencari aman dengan membeli logam mulia saat ketidakpastian geopolitik dan ekonomi.

Sebelumnya pada Kamis (17/10/2024), data menunjukkan penjualan ritel AS menguat pada September lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya. Klaim pengangguran AS secara tak terduga turun setelah melonjak pada minggu sebelumnya di negara-negara bagian tenggara yang terkena dampak Badai Helene, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS terbaru.

Emas bertahan dekat rekor di tengah data AS dan ketegangan Timur Tengah. (Bloomberg)

Analisis ekonomi AS menambah sejumlah analisis ekonomi AS yang beragam baru-baru ini, memperkuat ekspektasi para trader emas bahwa The Fed akan melanjutkan kebijakan pemotongan suku bunganya untuk sisa tahun ini.