Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Akui Prabowo Siapkan Program Swasembada Pangan

Pramesti Regita Cindy
17 October 2024 20:10

Jatuh Bangun Prabowo Menggapai Istana (Bloomberg Technoz)
Jatuh Bangun Prabowo Menggapai Istana (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian melalui (Kemendag) menegaskan bahwa swasembada pangan memang merupakan program prioritas Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto.

Meski tak secara spesifik, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kemendag, Fajarini Puntodewi menyebut Prabowo telah menyiapkan sejumlah lokasi lumbung pangan guna mewujudkan swasembada pangan.

Hal ini juga sejalan dengan pernyataan Kementerian Pertanian yang menyebut saat ini pemerintah tengah berfokus pada lahan intensifikasi sawah eksisting seluas 40.000 ha di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

"Kalau rencana periode ke depan itu kan swasembada pangan menjadi prioritas dari Bapak Presiden terpilih [Prabowo Subianto] ya, sehingga sudah disiapkan lokasi-lokasi untuk menjadi lumbung pangan kita, yang mudah-mudahan itu bisa terlaksana," ungkap Fajarini ketika ditemui di acara Gambir Trade Talk, Jakarta, Kamis (17/10/2024). 

Menariknya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) impor beras sepanjang Januari hingga September 2024 mencapai 3,23 juta ton. Angka tersebut meningkat hingga 80,68% secara kumulatif, dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1,78 juta ton.