Logo Bloomberg Technoz

Untuk pasar China, pasar 5G terbesar di dunia, perusahaan-perusahaan Eropa kalah bersaing dengan saingan lokal seperti Huawei Technologies Co dan ZTE Corp.

Nokia saat ini menguasai kurang dari 5% pangsa pasar peralatan di China, kata seorang juru bicara.

Bisnis menjadi lebih menantang karena hubungan perdagangan AS-China memburuk, dengan operator lokal menolak peralatan Eropa, seperti halnya AS.Pada wilayah berbeda di Eropa, beberapa negara menolak teknologi asal China.

Nokia telah mengurangi eksposurnya ke negara tersebut, dengan menjual sahamnya di perusahaan patungan di China awal tahun ini.

Nokia juga memangkas 350 pekerjaan lagi di Eropa, 48 di antaranya di Finlandia, jajaran eksekutif perusahaan mengatakan pada hari Kamis setelah memberi tahu serikat pekerja.

Nokia telah memangkas 7.500 pekerjaan dan mampu mengurangi biaya sebesar €500 juta sejauh ini, sebagai bagian dari program yang lebih luas, kata seorang juru bicara.

Nokia mengumumkan pemutusan hubungan kerja, yang dilaporkan Reuters sebelumnya, pada hari ketika perusahaan itu mengumumkan penjualan dari kuartal ketiga yang meleset dari perkiraan para analis, dan mengatakan bahwa pemulihan terjadi lebih lambat dari yang diharapkan.

(bbn)

No more pages