Logo Bloomberg Technoz

Kominfo Blokir Temu yang Diklaim Rugikan Ekosistem Warga

Azura Yumna Ramadani Purnama
17 October 2024 18:00

Platform e-commerce Temu asal China.
Platform e-commerce Temu asal China.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi tegas menyatakan pihaknya telah memblokir Temu, platform e-commerce asal China milik PDD Holdings karena merugikan ekosistem perdagangan di Indonesia. “Kita tetep tutup karena merugikan ekosistem warga kita,” ujar Budi ketika ditemui awak media di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024).

Seperti diketahui, platform e-commerce internasional Temu menjalankan aktivitas bisnis dengan skema factory direct kepada konsumen, yaitu  pengguna mendapatkan barang secara langsung dari pabrik dengan harga murah.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut bahwa Temu mengincar pasar Indonesia. Teten mengkhawatirkan skema cross border atau dari luar negeri Temu, karena perusahaan bisa mengirimkan barang dari pabrik China atas permintaan konsumen di setiap negara.

Wajar jika platform e-commerce Temu incar pasar Indonesia.

Jika dibiarkan Temu mengacaukan ekosistem perdagangan dan industri di Indonesia karena tak ada lagi namanya "reseller", perantara ketiga, afiliator. Ini yang dinilai sangat berbahaya bagi UMKM Indonesia, terang Teten.