Logo Bloomberg Technoz

Kiprah bisnis, yang dimulai dari seorang Youtuber, berkembang ke berbagai jenis bisnis yang membuat dia sempat dijuluki sebagai artis dengan pendapatan ataupun kekayaan terbesar.

Diketahui akun YouTube ‘RANS Entertainment’ yang dibangun bersama Nagita menjadi salah satu yang tersukses. Dikutip dari beberapa sumber media di Indonesia, kanal YouTube dengan 25,9 juta subcribers itu diestimasikan menghasilkan US$14,1 ribu hingga US$232,2 ribu atau Rp215,43 juta hingga Rp3,44 miliar per bulan.

Selain YouTube, akun Instagram @raffinagita1717 yang diikuti 74,8 juta followers ini juga menjadi sorotan publik ini disebut memiliki penghasilan tinggi dari brand dan iklan.

RANS Entertainment juga membawahi segelintir bisnis lain seperti Musik Rans, PoweRANSgers, Toko Mama Gigi oleh Nagita Slavina, Kebun Binatang RANS, Klub Sepak Bola RANS Cilegon, dan Basket RANS PIK.

Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram @raffinagita1717)

RANS juga memiliki beberapa kerja sama di bidang bisnis lain. Di bidang properti, RANS bekerja sama dengan pengembang apartemen Asiana Group. Di bidang rokok elektrik, Raffi Ahmad mendirikan PT idPods Kreasi Indonesia yang bekerja sama dengan Jakarta Vapor Shop (JVS) Group Indonesia.

RANS juga memiliki dua buah beach club yang terletak di Bali dan Padang, Sumatera Barat. Beach Club Raffi di Bali ia beri nama Mari Beach Club Bali yang dibuka pada Maret 2022. Sedangkan, beach clubnya di Padang ia beri nama Mawawa Beach Club. Ini merupakan hasil kolaborasi RANS Entertainment dengan Syah Establishment. 

Tak hanya itu, Raffi juga telah membuka beberapa tempat hiburan di Bali dan akan membuka resort di Yogyakarta. Namun pembangunan beach club di Yogyakarta sempat menjadi kontroversial dikalangan aktivis lingkungan karena dibangun di wilayah KARST.

Raffi juga dikenal melebarkan sayapnya ke dunia kuliner, meski ada beberapa bisnis kuliner yang ia bangun dan tutup, tapi beberapa belakangan tahun ini ia menginvestasikan bisnis UMKM bernama "Rojo Sambel," yang pertama kali ada di rumahnya Andara tersebut dan kini sudah ada beberapa cabang di wilayah Indonesia.

Selain itu, Raffi Ahmad membuka kerajaan kuliner "RANS Nusantara Hebat" berkolaborasi bersama putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep.

Lokasi bisnis tersebut tepat berada di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang. Raffi pun mengungkap alasannya membangun bisnisnya di kawasan itu.

"Bisa menjadikan tenant-tenant (UMKM) menjadi naik kelas, bergengsi dan kita happy. Brand mereka juga naik," ujar Raffi kepada awak media.

Selain bisnis kuliner, Raffi juga melebarkan gurita bisnisnya ke olahraga. Raffi diketahui memiliki klub sepak bola bernama RANS Nusantara FC dan klub basket RANS PIK Basketball yang didirikan bersama Rudy Salim, dan Dito Ariotedjo yang kini menjabat sebagai Kemenpora.Setelah terpilih jadi Kemenpora, Dito memutuskan untuk mundur dari RANS. 

Didapuk Menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia 

Belum lama ini, Raffi Ahmad ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Industri Kreatif Kadin periode 2024-2029. Penetapan itu diumumkan pada Senin, 7 Oktober 2024, oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pertanian, Mulyadi Jayabaya. Penunjukan ini berdasarkan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Jakarta beberapa waktu lalu.

(dec/spt)

No more pages