Logo Bloomberg Technoz

ECB Diperkirakan Turunkan Suku Bunga, Bursa Eropa Bergerak Stabil

News
17 October 2024 16:30

Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)
Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)

Macarena Muñoz - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Eropa diperdagangkan sedikit berubah pada awal pekan ini, seiring musim laporan keuangan bergulir dan investor bersiap menghadapi keputusan suku bunga dari Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB). Di tengah ekspektasi konsensus, penurunan suku bunga kedua berturut-turut diperkirakan akan diumumkan hari ini.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,1% pada pukul 8:11 pagi waktu London, dengan sektor perbankan dan saham perjalanan memimpin kenaikan. Sementara itu, saham perusahaan tambang mengalami penurunan setelah harga bijih besi turun tajam semalam, dipicu keraguan terkait langkah terbaru China untuk mendongkrak pasar properti. Sebaliknya, saham chip menguat setelah TSMC melaporkan lonjakan pendapatan kuartalan yang lebih baik dari proyeksi, yakni 54%.

Di antara saham individual, Nokia Oyj turun setelah penjualannya gagal memenuhi ekspektasi analis untuk kuartal ketiga. Begitu pula Pernod Ricard SA, yang mengalami penurunan akibat penjualan yang lebih rendah dari yang diperkirakan. Nestle juga mengalami penurunan setelah memangkas proyeksi pendapatan tahunan untuk kedua kalinya tahun ini.

Untuk keputusan suku bunga hari ini, diperkirakan ECB akan menurunkan suku bunga deposito sebesar seperempat poin menjadi 3,25%. Pengumuman tersebut dijadwalkan pada pukul 2:15 sore waktu setempat, diikuti dengan jumpa pers oleh Gubernur Christine Lagarde 30 menit setelahnya. Pertemuan ini berlangsung di Brdo, Slovenia, sebagai bagian dari pertemuan kebijakan tahunan ECB di luar markas besar mereka di Frankfurt.

Grafik bursa saham Eropa. (Sumber: Bloomberg)