Logo Bloomberg Technoz

Surya Paloh dan Ketum KIM Temui Prabowo di Kemhan

Redaksi
17 October 2024 15:50

Bikin Koalisi Gemuk, Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Bikin Koalisi Gemuk, Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto menerima kehadiran sejumlah ketua umum partai politik di kantor Kementerian Pertahanan. 

Petinggi partai politik yang pertama kali nampak memasuki kantor Menteri Pertahanan adalah Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sekitar pukul 14.00 WIB. Keduanya memang dikabarkan akan bertemu sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden, Ahad mendatang (20/10/2024).

Kabar pertemuan keduanya mencuat usai Partai Nasdem mulai bersuara soal tak mau mengajukan nama kadernya sebagai calon pejabat di kabinet pemerintah Prabowo. Partai ini mengklaim memberikan kesempatan kepada koalisi Indonesia maju (KIM) untuk lebih dulu mendapat jatah kursi menteri, wakil menteri, atau kepala badan karena telah mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Hal ini terbukti, tak ada satu pun nama kader Partai Nasdem yang menyambangi rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin-Selasa (14-15/10/2024). Pada dua hari itu, Prabowo memanggil dan mengkonfirmasi ulang 108 nama yang akan menjadi menteri, wakil menteri, dan kepala badan lembaga negara pada pemerintahannya.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Surya Paloh bertemu dengan Prabowo sekitar 30 menit dan kemudian langsung meninggalkan kantor Kemhan. Belum diketahui apakah pertemuan tersebut berisi tentang pengajuan nama kader Partai Nasdem sebagai calon pejabat kabinet Prabowo.