Logo Bloomberg Technoz

Manfaat Daun Kelor untuk 7 Jenis Penyakit Ini

Referensi
17 October 2024 15:39

Ilustrasi Daun Kelor (Envato/wirestock)
Ilustrasi Daun Kelor (Envato/wirestock)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tanaman kelor atau Moringa oleifera telah lama dikenal sebagai tanaman tropis yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menobatkan tanaman ini sebagai "miracle tree" karena khasiatnya yang luar biasa. 

Berdasarkan lebih dari 1.300 studi, artikel, dan laporan, daun kelor terbukti bermanfaat dalam mengatasi berbagai penyakit. Berikut adalah daftar 7 penyakit yang bisa diredakan dengan bantuan daun kelor.

1. Mengatasi Diabetes dengan Daun Kelor

Kadar gula darah tinggi merupakan masalah serius bagi penderita diabetes. Menariknya, daun kelor telah terbukti mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Dalam sebuah studi yang melibatkan 30 wanita, mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan berhasil menurunkan kadar gula darah puasa sebesar 13,5 persen. 

Studi lainnya menunjukkan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan dapat mengurangi kenaikan gula darah hingga 21 persen. Kandungan senyawa isothiocyanates di dalam daun kelor diyakini berperan penting dalam efek ini.

2. Daun Kelor Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi sering kali dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya. Berdasarkan penelitian, Moringa oleifera memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Daun kelor memiliki aktivitas hipokolesterolemik, yaitu kemampuan untuk menurunkan lipid darah, serta antiaterosklerotik yang berfungsi mencegah penumpukan plak di dinding arteri.