Logo Bloomberg Technoz

Kelompok itu menghabiskan US$72 juta dan memulai Oktober dengan uang tunai US$4 juta. Sebagian besar pengeluarannya, US$68,5 juta, digunakan untuk mendukung Trump.

America PAC, yang beriklan di X—platform media sosial milik Musk—untuk para juru kampanye yang menawarkan bayaran hingga US$30 per jam, mengatakan kelompok itu dibuat untuk menyokong kandidat yang mendukung berbagai isu termasuk mengamankan perbatasan, keselamatan publik, dan kebebasan berbicara.

Langkah itu merupakan demonstrasi terbaru tentang bagaimana Musk memperluas jaringan pengaruh politiknya hingga menjangkau calon presiden dan anggota Kongres di masa depan. Diketahui perusahaan Musk memiliki kontrak federal senilai miliaran dolar dan dia secara pribadi menentang peraturan pemerintah. 

Miliarder itu juga menyumbangkan US$1 juta kepada Early Vote Action PAC, sebuah PAC kecil yang telah mengumpulkan total US$3 juta sejak 2023. Kelompok ini dipimpin oleh Scott Presler, aktivis konservatif, dan fokus pada pendaftaran pemilih baru dan membawa mereka ke tempat pemungutan suara.

Musk, yang memiliki kekayaan bersih US$241 miliar, hanya memberikan sumbangan sedikit kepada kandidat federal hingga musim pemilihan ini.

Musk telah menjadi pendukung Trump yang semakin vokal, menggunakan platform media sosialnya X untuk mempromosikan mantan presiden tersebut dan memperkuat klaim-klaim buatannya dengan menyalahkan para imigran atas meningkatnya kekerasan. 

Akun X Musk terhubung ke America PAC, dan profilnya mengatakan pengguna harus membaca unggahannya "untuk memahami mengapa saya mendukung Trump sebagai Presiden."

Donald Trump dan Elon Musk kampanye di Pennsylvania. (Sumber: Bloomberg)

Trump mengundang Musk untuk berbagi panggung dengannya di rapat umum pada 5 Oktober, menyebutnya "orang yang benar-benar luar biasa." Acara tersebut diadakan di lokasi Trump terluka akibat upaya pembunuhan pada Juli lalu di Butler, Pennsylvania. Musk secara terbuka mendukung Trump di X malam itu.

Dalam unggahan Rabu pagi di X, Musk mengatakan dalam beberapa hari mendatang ia akan "memberikan pidato di Pennsylvania" secara gratis, tetapi hanya terbuka bagi mereka yang telah memilih di Pennsylvania dan menandatangani petisi America PAC yang mendukung kebebasan berbicara dan hak untuk mengangkat senjata.

Trump bilang ia akan meminta Musk untuk bergabung dengan pemerintahannya jika ia memenangkan Pemilu, memimpin upaya untuk mengurangi pemborosan pemerintah yang dijuluki Departemen Efisiensi Pemerintah, atau DOGE, referensi ke mata uang kripto yang telah diakui Musk. 

Para donatur berkantong tebal memainkan peran penting dalam mendukung Trump, yang tertinggal jauh di belakang Harris dalam penggalangan dana.

Menurut data dari AdImpact, Harris mengungguli Trump di tujuh negara bagian yang akan menentukan hasil Pemilu pada tahap akhir sejak Hari Buruh. Total belanja media yang dikeluarkan Harris mencapai US$314 juta, sedangkan Trump hanya US$173 juta.

Keunggulan finansial Harris juga membuatnya membuka lebih dari 330 kantor lapangan yang dikelola oleh lebih dari 2.000 karyawan bergaji untuk menjalankan operasi mobilisasi pemilih.

Dengan selisih jajak pendapat yang sangat tipis—keunggulan Trump dalam rata-rata jajak pendapat negara bagian medan pertempuran Real Clear Politics adalah 0,7%—seberapa banyak dana yang harus dikeluarkan kampanye dapat menjadi penentu.

(bbn)

No more pages