Logo Bloomberg Technoz

Ketegangan antara India dan Kanada meningkat sejak September 2023, ketika Trudeau menuduh India terlibat dalam pembunuhan pemimpin separatis Sikh, Hardeep Singh Nijjar, di tanah Kanada pada awal tahun tersebut. Nijjar dikenal sebagai pendukung kemerdekaan negara Sikh, Khalistan, dan ditetapkan sebagai "teroris" oleh India pada Juli 2020.

India terus menyangkal keterlibatan agen-agennya dalam pembunuhan Nijjar, dan meminta Kanada untuk membuktikan tuduhan tersebut.

Pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri India juga memanggil kuasa usaha Kanada untuk mengecam penargetan yang dianggap "tidak dapat diterima" terhadap komisaris tinggi India dan diplomat lainnya. India menyatakan keraguannya terhadap komitmen pemerintah Kanada dalam melindungi keselamatan diplomatnya, dan karenanya memutuskan untuk menarik duta besar serta pejabat terkait lainnya.

Sementara itu, Komisaris RCMP, Michael Duheme, dalam jumpa pers pada Senin pagi, mengatakan bahwa polisi telah mengumpulkan "informasi signifikan" mengenai aktivitas kriminal yang diatur oleh agen pemerintah India, yang dianggap sebagai "ancaman besar bagi keselamatan warga Kanada dan individu yang tinggal di Kanada."

(del)

No more pages