Logo Bloomberg Technoz

Suhu Panas di Pulau Jawa Berakhir 16 Oktober 2024, Menurut BMKG

Referensi
17 October 2024 14:05

Siap-siap Tambah Panas, Indonesia Dilanda Equinox (Sumber: Envato)
Siap-siap Tambah Panas, Indonesia Dilanda Equinox (Sumber: Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prediksi Berakhirnya Suhu Panas di Pulau Jawa

Pada Rabu, 16 Oktober 2024, masyarakat di Pulau Jawa diperkirakan akan merasakan akhir dari suhu panas yang menyelimuti wilayah tersebut. Informasi ini pertama kali disampaikan oleh akun media sosial X @infomitigasi pada Minggu, 13 Oktober 2024. Dalam unggahan tersebut, disebutkan bahwa suhu panas yang dirasakan beberapa wilayah Pulau Jawa akan segera berakhir, dan sebagian daerah mulai memasuki musim penghujan. Unggahan tersebut mendapat perhatian besar dari warganet, dengan lebih dari 740.600 tayangan, 12.000 tanda suka, dan 5.100 kali dibagikan hingga Senin, 14 Oktober 2024.

Penjelasan dari BMKG Tentang Transisi Musim

Menurut Ketua Tim Produksi dan Diseminasi Informasi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani, Pulau Jawa sedang mengalami transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Berdasarkan analisis cuaca BMKG, suhu di beberapa wilayah Jawa masih berpotensi mencapai 36 derajat Celsius dalam tiga hari mendatang. Namun, Ida menjelaskan bahwa awal musim hujan di Jawa tidak seragam, karena setiap daerah memiliki waktu yang berbeda dalam memasuki musim penghujan.

"Secara umum, musim hujan di Pulau Jawa diprediksi akan dimulai antara akhir Oktober hingga awal November 2024," kata Ida dalam wawancara pada Senin, 14 Oktober 2024. Selama masa peralihan ini, cuaca cenderung panas dari pagi hingga siang hari, dengan hujan lokal yang berpotensi turun pada sore atau malam hari. Hujan yang terjadi bersifat sporadis, dengan intensitas bervariasi dari ringan hingga lebat namun berdurasi singkat.

Prakiraan Musim Hujan di Tiap Provinsi di Pulau Jawa

BMKG telah memberikan prakiraan awal musim hujan untuk beberapa provinsi di Pulau Jawa. Berikut adalah rincian lengkapnya:

1. Jawa Barat