Logo Bloomberg Technoz

Sementara Nokia mempertahankan panduan laba operasional setahun penuh yang disesuaikan sebesar €2,3 miliar hingga €2,9 miliar, perusahaan mengatakan bahwa total tersebut kemungkinan besar berada di paruh bawah kisaran tersebut.

Pemulihan penjualan terjadi lebih lambat dari yang diharapkan, meskipun hal itu sebagian diimbangi oleh peningkatan margin kotor dan pemotongan biaya.

“Saya optimis perusahaan sekarang telah berbalik arah di banyak bagian bisnis kami, meskipun beberapa bagian masih mengalami pelemahan pasar,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Pekka Lundmark dalam pernyataannya.

Pekka Lundmark CEO Nokia. (Bloomberg)

Perusahaan telah mendapatkan “beberapa kesepakatan penting pada kuartal ini” dalam jaringan seluler.

Nokia mendapatkan kesepakatan peralatan jaringan dengan Vodafone Idea Ltd  bulan September, dan kerja sama 5G dengan TIM Brasil dan Viettel Group di Vietnam.

Laba operasional yang disesuaikan untuk kuartal ini mencapai €454 juta, mengalahkan perkiraan rata-rata analis sebesar €445 juta.

Nokia dan pesaingnya dari Nordik, Ericsson AB, telah bergulat dengan pasar peralatan yang lemah karena operator telekomunikasi menunda atau mengurangi upgrade jaringan yang mahal. 

Ericsson melaporkan peningkatan pendapatan awal pekan ini setelah kesepakatan infrastruktur senilai US$14 miliar dengan AT&T Inc membantu mendorong pendapatan kuartal ketiga.

Nokia. (Bloomberg)

Nokia sebelumnya melakukan upaya untuk mendiversifikasi basis pelanggannya, terutama dengan mengakuisisi Infinera Corp, yang berspesialisasi dalam produk jaringan untuk pusat data, dan menjual divisi kabel bawah laut.

Bloomberg News sebelumnya melaporkan bahwa Nokia juga melihat opsi untuk menjual divisi peralatan selulernya, meskipun pembicaraan masih dalam tahap awal dan mungkin tidak menghasilkan kesepakatan.

Lundmark telah berusaha meyakinkan para investor tentang perubahan haluan sejak mengambil alih kendali di Nokia empat tahun lalu, memangkas ribuan (pemutusan hubungan kerja/PHK) karyawan dan merampingkan operasi untuk memangkas biaya.

Saham Nokia naik 33% tahun ini hingga hari Rabu waktu setempat.

(bbn)

No more pages