Logo Bloomberg Technoz

Siapa Satoshi Nakamoto? Ungkap Misteri di Balik Pencipta Bitcoin

Referensi
17 October 2024 13:05

Patung yang menggambarkan Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin di Graphisoft Park di Budapest, Hungaria. (Bloomberg)
Patung yang menggambarkan Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin di Graphisoft Park di Budapest, Hungaria. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sudah lebih dari sepuluh tahun sejak nama Satoshi Nakamoto, yang disebut-sebut sebagai pencipta Bitcoin, menghilang dari perhatian publik. 

Hingga kini, teka-teki mengenai identitas asli Nakamoto tetap menjadi topik hangat di komunitas kripto. Siapa sebenarnya di balik sosok misterius ini? 

Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir Bloomberg Technoz dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2024).

Berbagai teori telah bermunculan, namun belum ada kepastian yang terungkap. Baru-baru ini, sebuah film dokumenter berjudul Money Electric: The Bitcoin Mystery yang disutradarai oleh Cullen Hoback ditayangkan di HBO. Film ini kembali memancing diskusi tentang siapa sebenarnya Nakamoto. 

Salah satu sosok yang disebut dalam film adalah Peter Todd, seorang pengembang perangkat lunak berusia 39 tahun. Namun, Todd dengan tegas membantah bahwa dirinya adalah Nakamoto.

Teori di Balik Nama Samaran Satoshi Nakamoto

Salah satu teori yang dikemukakan dalam film tersebut adalah alasan mengapa Nakamoto memilih nama samaran “Satoshi”. Menurut teori ini, nama tersebut dipilih untuk menciptakan anonimitas, sehingga Bitcoin terlihat seolah-olah diciptakan oleh seorang ahli kriptografi ternama, bukan oleh seseorang yang masih muda dan mungkin kurang dikenal di dunia teknologi.