Logo Bloomberg Technoz

Hong Kong Ungguli Singapura sebagai Ekonomi Paling Bebas Sedunia

News
17 October 2024 14:00

Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)
Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

Rachel Yeo - Bloomberg News

Bloomberg, Hong Kong kembali dinobatkan sebagai perekonomian paling bebas di dunia setelah setengah abad, mengungguli Singapura, berdasarkan laporan terbaru dari peneliti Kanada, Fraser Institute.

Dalam laporan Economic Freedom of the World dari Fraser Institute yang mencakup tahun 2022, Hong Kong memperoleh skor 8,58, sedikit lebih tinggi dari Singapura yang mendapat 8,55. Tahun lalu, Hong Kong sempat turun dari posisi teratas untuk pertama kalinya sejak peringkat ini dimulai. Namun, setelah data direvisi, kota ini kembali menempati posisi pertama sepanjang sejarah peringkat tersebut, kata peneliti.

Di posisi ketiga, Swiss menyusul, diikuti oleh Selandia Baru dan Amerika Serikat. Di sisi lain, Venezuela berada di urutan terakhir, menempati posisi ke-165 dengan skor 3,02.

Laporan ini dirilis hanya beberapa minggu setelah survei lain menunjukkan Hong Kong kembali memegang gelar sebagai pusat keuangan utama di Asia. Kedua temuan ini menjadi dorongan besar bagi John Lee, pemimpin Hong Kong, yang sedang berusaha memperbaiki citra internasional kota itu setelah mengalami penurunan. Namun, Fraser Institute memperingatkan bahwa meskipun Hong Kong kembali memimpin, skor kebebasan ekonominya telah menurun selama bertahun-tahun, dengan intervensi dari pemerintah China dianggap berpotensi mengancam supremasi hukum di Hong Kong.