Logo Bloomberg Technoz

Mereka menambahkan, personel Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS ikut serta dalam operasi tersebut dan sejauh ini tidak ada indikasi korban sipil.

AS dan Israel telah berulang kali menyerang Houthi, yang mulai menyerang kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden setelah Israel memulai kampanyenya melawan militan Hamas di Jalur Gaza setelah serangan 7 Oktober. 

Namun, meskipun telah melakukan banyak serangan terhadap kelompok tersebut, sejauh ini sekutu-sekutu tidak dapat menghentikan serangan Houthi.

Dalam evaluasi Juni, pejabat intelijen AS mengatakan serangan Houthi terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah menyebabkan pengiriman peti kemas melalui wilayah tersebut turun 90% antara Desember dan Februari.

Pesawat pengebom AS menyerang tempat penyimpanan senjata Houthi di Yaman. (Bloomberg)

Pesawat-pesawat B-2 tersebut terbang menuju target mereka dari Pangkalan Udara Whiteman di Missouri. Ini menandai pertama kalinya sejak Januari 2017 bahwa pesawat pengebom siluman bersayap itu telah menerbangkan misi tempur. 

Saat itu, dua pesawat B-2 terbang selama 30 jam untuk mengebom kamp pelatihan ISIS di Libya. Setiap pesawat B-2 mampu membawa sebanyak 20 ton bom, termasuk 80 amunisi yang dipandu GPS seberat 500 pon.

(bbn)

No more pages