Logo Bloomberg Technoz

Poin Penting Pengarahan Pemerintah China soal Stimulus Properti

News
17 October 2024 13:40

Properti China. (Dok: Bloomberg)
Properti China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah China menggelar pengarahan terkait stimulus untuk pasar properti negara tersebut pada Kamis (17/10/2024) dengan pembicara utama termasuk Menteri Perumahan Ni Hong. Berikut poin-poin pentingnya.

China memperluas program "daftar putih" yang memungkinkan proyek perumahan yang belum selesai serta pengembang untuk mendapatkan akses kredit. Pinjaman yang disetujui di bawah program ini diperkirakan akan mencapai 4 triliun yuan ($561 miliar) pada akhir tahun, hampir dua kali lipat dari angka saat ini.

Pemerintah China juga berencana merenovasi 1 juta rumah di kawasan kumuh pusat kota, yang dikenal sebagai "desa perkotaan." Pemerintah daerah akan diberikan wewenang untuk membiayai program tersebut melalui penerbitan obligasi khusus, yang memungkinkan penduduk mendapatkan uang tunai guna membeli apartemen baru.

Menurut Ni Hong, sejak awal bulan ini telah terjadi pemulihan yang signifikan di pasar properti di kota-kota utama China. Secara nasional, pasar properti "mulai menemukan titik dasarnya" setelah mengalami penurunan selama tiga tahun, tambahnya.