Logo Bloomberg Technoz

Secara keseluruhan, realisasi investasi di Indonesia pada Januari—September 2024 adalah Rp1.261,43 triliun dengan penyerapan tenaga kerja 1,87 juta orang.

Serap Bertahap

Setelah pembangunan selesai, Bahlil mengatakan telah berdiskusi dengan kementerian teknis lain untuk menggantikan peran tenaga kerja asing untuk diisi oleh tenaga kerja Indonesia. Bahkan, Bahlil mengatakan 98% tenaga kerja di PT Freeport Indonesia (PTFI) sudah berasal dari masyarakat lokal.

Selain PTFI, Bahlil mengatakan, kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) 86% sudah berasal dari tenaga kerja lokal.

Dengan demikian, Bahlil menggarisbawahi peningkatan tenaga kerja lokal dalam sektor hilirisasi harus dilakukan secara bertahap.

Saat menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil mengatakan juga mengubah persyaratan investasi, di mana tenaga kerja asing boleh masuk bila kemampuannya sangat dibutuhkan dan prioritasnya adalah tenaga kerja Indonesia.

Selain itu, tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia juga harus lolos verifikasi oleh Kementerian Investasi/BKPM.

Produktivitas Pekerja RI 

Di lain sisi, Bahlil menyoroti peningkatan kemampuan, etos kerja dari tenaga kerja di Indonesia harus dilakukan.

“Jangan minum kopinya lebih lama daripada kerjanya. Kita itu kadang-kadang persoalannya, salat 30 menit, makannya 20 menit, barang itu jadi 2 jam,” ujarnya.

“Itu fakta, kita tidak boleh menyalahkan itu kan kultur. Dengan masuknya mereka [tenaga kerja asing] itu melahirkan kultur baru untuk berkompetisi, di sini lah meningkatkan competitiveness kita,” ujarnya.

Sekadar catatan, belum lama ini Warga Pulau Mengare, Gresik, Jawa Timur, melakukan aksi demonstrasi damai di wilayah pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Selasa (15/10/2024).

Dalam surat pemberitahuan kepada Kepolisian Sektor Bungah, demonstrasi tersebut dilakukan dengan tuntutan minimnya lowongan pekerjaan, secara khusus di PT Freeport Indonesia dan secara umum di KEK JIIPE. 

Adapun, sekitar 1.000 warga bakal melakukan aksi demonstrasi pada pukul 08.00—17.00 WIB dengan membawa alat peraga berupa bendera, poster dan spanduk.

“Sehubungan dengan banyaknya tuntutan masyarakat Mengare minimnya lowongan pekerjaan di PTFI khususnya dan PT di kawasan JIIPE umumnya maka kami akan melakukan aksi demonstrasi damai,” bunyi surat tersebut, dikutip Senin (14/10/2024).

(dov/wdh)

No more pages