Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Soal Smelter Freeport: Kalau Tak Mau Kebakar, Jangan Bikin

Dovana Hasiana
17 October 2024 10:40

Dok. Freeport Indonesia
Dok. Freeport Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengisyaratkan peristiwa kebakaran yang terjadi di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur masih dalam kategori wajar.

Bahlil menggarisbawahi peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena Freeport mengikuti standard operating procedure (SOP) yang ada.

Smelter asam sulfat Freeport terbakar, tetapi alhamdulillah tidak ada yang meninggal. [...] Ya kalau persoalan terbakar, ya kalau tidak mau terbakar, jangan bikin pabrik kan? [Hal] yang terpenting adalah terbakar jangan ada orang yang kena, jangan mati,” ujar Bahlil dalam agenda Sidang Terbuka Promosi Doktor di Universitas Indonesia (UI), Rabu (16/10/2024).

Selain itu, Bahlil mengatakan saat ini tim dari Kementerian ESDM tengah melakukan penyelidikan terkait dengan kebakaran tersebut, sembari melakukan komunikasi dengan Presiden Direktur Freeport Tony Wenas.

Ketika ditanya apakah insiden tersebut akan mengganggu jadwal puncak produksi smelter tersebut, Bahlil menekankan masih menunggu hasil investigasi lebih lanjut untuk mengetahui dampak dari insiden tersebut terhadap produksi.