Logo Bloomberg Technoz

100 Orang Lebih, Tugas Berat & Catatan Gemoy Kabinet Prabowo

Muhammad Fikri
17 October 2024 09:40

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai pembekalan calon menteri di Hambalang, Rabu (16/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai pembekalan calon menteri di Hambalang, Rabu (16/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Keranjang kabinet Prabowo-Gibran sudah diisi 108 orang. Kemungkinan bertambah, menyusul potensi tambahan dari partai NasDem atau mungkin PDI Perjuangan--bergantung pertemuan Prabowo-Megawati.

Kabinet Prabowo akan dilantik pada 21 Oktober, sehari setelah ia dilantik. Kabinet Prabowo dinilai gemuk, viral disebut kabinet gemoy. Prabowo dikabarkan akan membentuk 46 kementerian usai UU Kementerian Negara direvisi, menghapus pembatasan jumlah kementerian yang semula 34.

Sejumlah nama di bakal kabinet Prabowo diisi dari berbagai unsur: parpol, relawan, profesional, selebritas, hingga ahli agama. Bahlil, Sri Mulyani hingga Raffi Ahmad dan Gus Miftah.

"Semua pihak yang berkeringat di Pilpres 2024," ujar Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (17/10/2024). 

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jend TNI (Purn) Dudung Abdurrahman di Kertanegara, Selasa (15/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Cecep mulanya menyoroti dalih Prabowo yang mengatakan pembentukan kabinet gemuk karena konsekuensi Indonesia negara yang luas, harus merangkul semua kelompok. Cecep menyoroti tidak terelakkan ada muatan politis dalam pembentukan kabinet.

Terwujud kabinet zaken?