Logo Bloomberg Technoz

"Mungkin dia konsumsi jamu yang rutin dia konsumsi. Atau obat-obat diet, obat-obat slimming tea, obat-obat untuk kurus, obat-obat itu juga bisa mempengaruhi kesimbangan antara hormon. Sehingga haid juga tidak teratur,"tambahnya.

Dokter Agus mengatakan wanita itu selalu mengalami haid dan tidak semua wanita yang mengalami haid mengalami nyeri-nyeri. Bila nyeri itu hanya sesaat, sifatnya hanya kadang-kadang itu masih normal. Haid dikatakan normal kalau dia paling sedikit 2 atau 3 hari sudah bersih.

"Atau paling panjang dia di atas 7 sampai 8 hari sudah bersih. Itu paling normal. Siklusnya antara 21 hari sekali sampai terpanjang 35 hari,"tambahnya.

Tips Sehat Agar Reproduksi Wanita sehat dan siklus Menstruasi Teratur

1. Ubah pola hidup sehat. istirahat, aktivitas fisik, berolahraga. menjaga berat badan ideal.

"Karena obesitas, timbunan lembak yang berlebihan itu juga menjadi sumber estrogen yang berlebihan. Bisa mengganggu gangguan kaitnya nanti terganggu Bisa juga kalau estrogen yang berlebihan bisa jadi pemicu timbunnya endometrosis. Kurangi makan-makanan yang banyak mengandung estrogen, pitot estrogen, fast food, atau makan-makanan siap saji yang lain,"ujarnya.

2. Konsumsi Makanan tradisional, jauhi junk food

"Semualah bergerak ke makan-makanan tradisional kita yang sehat, yang segar, sayur-sayuran, jauhi junk food,"kata dokter Agus.

3. Rajin periksakan diri ke dokter

"Dan juga tips yang lain adalah bila sendiri mungkinlah kita memeriksakan kesehatan kita. Bila kita merasa kait kita ada mengalami gangguan, intensitasnya juga semakin meningkat, semakin awal kita tangani endometrosisnya,"ujar dokter Agus.

"Tentunya akan menyelamatkan nanti untuk membalikan ke usia produktif untuk kesuburannya sudah tidak akan terganggu seperti itu,"tambah dokter Agus. 

(dec/spt)

No more pages