Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Kebakaran Smelter Freeport di KEK Gresik

Pramesti Regita Cindy
16 October 2024 17:18

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Freeport Indonesia (PTFI) menerangkan kronologi peristiwa kebakaran—yang terjadi di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter milik perseroan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Senin (14/10/2024). 

VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati, menjelaskan kebakaran di smelter tersebut terjadi pada Senin (14/10/2024), sekitar pukul 17.35 WIB, ketika tim PTFI sedang bersiap memasukkan konsentrat ke dalam furnace (alat tungku pemanas) dan melakukan pengecekan rutin. Dalam proses tersebut, ditemukan fan yang tidak berfungsi, dan api kecil mulai terlihat. 

"Tim segera melakukan pemeriksaan, namun api semakin membesar dan menyebabkan ledakan, sehingga semua karyawan dievakuasi dari area tersebut," jelas Katri ketika dihubungi, Rabu (16/10/2024). 

Tim Tanggap Darurat PTFI segera diaktifkan dan bersama pemadam kebakaran internal PTFI, mereka merespons kejadian ini. Tim keamanan dan keselamatan melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada karyawan yang terjebak di lokasi.

Karena kebakaran semakin membesar, bantuan tambahan dari Pemadam Kebakaran Surabaya, Petrokimia Gresik, dan kawasan industri Maspion dikerahkan.