Logo Bloomberg Technoz

Pengguna juga wajib memperbarui sistem operasi dari iOS 18.0 menjadi 18.1. Pemilik iPhone 15 Pro dan Pro Max juga masih bisa mendapatkan fitur Apple Intelligence dengan syarat pembaruan iOS yang sama.

Pembaruan termasuk Writing Tools, asisten digital Siri, teks dan email, yang disempurnakan, serta layanan ‘Clean Up pada fitur Photo, transkrip audio, hingga browser Safari.

Khusus pasar Indonesia, setiap perilisan smartphone baru iPhone lebih lambat hadir dibandingkan banyak negara lain dunia. Pasalnya iPhone dipasok oleh pihak ketiga selaku authorized reseller, seperti iBox (Erajaya), Digimap (MAP Group), atau Blibli.com. Termasuk peluang membuka pabrik di Indonesia.

Tahun ini waktu pengiriman iPhone 16 baru semakin tidak jelas karena Kementerian Perindustrian menagih kekurangan komitmen investasi Apple. Atas dasar yang sama lisensi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) belum diberikan kepada Apple. TKDN adalah syarat sebuah perangkat elektronik asal luar negeri bisa masuk pasar Indonesia.

Menperin Agus Gumiwang mengatakan dari total komitmen investasi Rp1,7 triliun, Apple baru merealisasikan Rp1,48 triliun berupa fasilitas R&D di Indonesia. Apple "masih jauh dari [realisasi] komitmennya, sehingga "iPhone 16 Apple belum bisa dijual di Indonesia karena perpanjangan sertifikasi TKDN masih tertunda, menunggu realisasi investasi lebih lanjut dari Apple."

Chief Executive Officer (CEO) Tim Cook dalam kunjungannya ke Indonesia, termasuk menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi),  memberi pujian karena kontribusi negara ini pada pendapatan Apple Inc, yang mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa.

“Pangsa pasar di wilayah ini sebelumnya masih rendah, namun dengan populasi besar dan terus bertambah, produk kami benar-benar membuat banyak kemajuan,” papar dia merujuk pasar Asia Tenggara, yang belum lama ia sambangi, termasuk ke Indonesia.

Tim Cook pada bulan April lalu menyampaikan keinginannya untuk melihat aktivitas manufaktur bergeliat di Indonesia, termasuk meminta Apple untuk turut memeriahkan sektor manufaktur nasional.

"Kami bicara tentang keinginan presiden untuk melihat adanya aktivitas manufaktur di Indonesia, dan itu merupakan sesuatu yang sedang kami pertimbangkan," ucap dia.

Tapi dalam perkembangannya Apple lebih memilih investasi langsung berupa fasilitas perakitan di Vietnam dibandingkan Indonesia. Pemerintah tidak mau menuruti permintaan penghapusan pajak dalam jangka panjang.

Tax holiday-nya kegedean, permintaan dia [Apple] terlalu berat,” kata Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi awal Oktober lalu, dan menambahkan bahwa pemerintah Vietnam berani memberikan tax holiday bagi industri manufaktur hingga 50 tahun. Sedangkan Indonesia hanya berkisar 5-10 tahun.

Pemerintah Vietnam memang sengaja memberikan insentif besar karena negara tersebut butuh banyak lapangan pekerjaan karena memiliki 200 ribu tenaga kerja, terang Budi. Keberhasilan Vietnam ini karena pemerintahan di sana “menawarkan begitu luar biasa, tapi kan kita sebagai negara bangsa harus itung dong.”

Jokowi menyampaikan data bahwa Apple memiliki 320 pemasok yang tersebar di seluruh dunia untuk perangkatnya, dan Indonesia hanya diwakili oleh 2 supplier. Bandingkan dengan Vietnam yang merupakan negara ASEAN yang memiliki 72 pemasok untuk perangkat Apple. Thailand diwakili oleh 24 pemasok, Malaysia 19 pemasok, Filipina 17 pemasok.

“Padahal di ASEAN GDP [produk domestik bruto] kita [Indonesia] paling besar, 46% GDP Asia Tenggara ada di kita, tapi supplier hanya dua,” ucap Jokowi dalam sebuah kesempatan di  Depok. Sebagai gambaran, semakin besar keterlibatan perusahaan di sebuah negara atas rantai pasok sebuah produk teknologi global maka besar manfaat ekonomi yang didapat.

Infografis Bos Apple Tim Cook ke Indonesia 20 April 2024? (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

(fik/wep)

No more pages