Logo Bloomberg Technoz

Tiga pesaingnya tak mendapat suara yang cukup signifikan. Hakim Agung Yulius tercatat mendapat tujuh suara; Hakim Agung Haswandi mendapat empat suara; dan Hakim Agung Soesilo hanya satu suara. Selain itu, tercatat ada dua suara tak sah; dan satu suara abstain.

Dalam sambutannya, Sunarto mengatakan telah menyiapkan empat kebijakan atau program utama yang akan digenjot dalam 100 hari pertama jabatannya sebagai ketua MA.

Selain itu, dia juga akan berupaya menjaga kepercayaan publik sambil menuntaskan sejumlah masalah aktual dunia peradilan. Beberapa di antaranya penerapan program mutasi dan promosi dengan merit system secara konsisten, serta memperhatikan kesejahteraan para hakim hingga aparatur yang ada di badan peradilan.

"Saat ini kita untuk mencapai visi misi kita badan peradilan, harus mempunyai organisasi yang agile, yaitu organisasi yang dengan cepat merespons dan dengan tanggap dan tepat respons tersebut, dan adaptif terhadap segala bentuk perubahan yang terjadi di masyarakat," kata Sunarto.

"Kemampuan untuk menjadi organisasi yang agile tersebut hanya mungkin terjadi apabila badan peradilan terus menjadi organisasi yang terbuka dengan sumber daya manusia yang qualified dan sarana prasarana yang memadai."

(red/frg)

No more pages