Logo Bloomberg Technoz

DPR Sepakat Wamen Pertahanan Herindra jadi Kepala BIN

Muhammad Fikri
16 October 2024 14:30

Wamenhan Muhammad Herindra bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wamenhan Muhammad Herindra bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Khusus Pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyatakan Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon kepala badan intelejen negara (BIN). Wakil Prabowo Subianto tersebut adalah calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR.

"Yang mana hasil dari tim pertimbangan tersebut, menyatakan bapak Muhammad Herindra, sebagai satu-satunya calon kepala BIN dinyatakan kami terima," kata Ketua DPR Puan Maharani yang turut memimpin fit and proper test, Rabu (16/10/2024).

Menurut dia, DPR akan mengesahkan hasil uji kepala BIN tersebut untuk mendapat persetujuan semua fraksi pada Rapat Paripurna terdekat. Dia pun memastikan, DPR akan segera menggelar rapat paripurna untuk pengesahannya esok hari; Kamis (17/10/2024).

Usai paripurna, kata Puan, DPR akan mengirimkan surat pengesahan terhadap Herindra kepada pemerintah atau Presiden Jokowi. Akan tetapi, menurut dia, pelantikan Herindra sebagai kepala BIN tak akan dilakukan oleh Jokowi yang akan menuntaskan masa kerjanya pada Ahad (20/20/2024).

"Bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden; yaitu presiden yang akan datang, yaitu Presiden eh Prabowo Subianto," ujar dia.