Logo Bloomberg Technoz

Fokus Hilirisasi Prabowo: Rumput Laut hingga Kelapa Sawit

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 October 2024 14:10

Ilustrasi Usaha Rumput Laut Semaya di Nusa Penida v2 (BRI)
Ilustrasi Usaha Rumput Laut Semaya di Nusa Penida v2 (BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian PPN/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan dalam lima tahun mendatang program hilirisasi pemerintah akan fokus pada sektor agro yakni sawit, kelapa, hingga ekonomi biru yakni rumput laut.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan pada produk sawit nantinya akan diarahkan agar RI tidak hanya ekspor minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) namun produk-produk turunan dari sawit.

“Kenapa kita harus menempuh hilirisasi karena kita harus masuk dengan industri yang settle di global berat buat kita. Kalau hilirisasi berbasis SDM yang kita miliki sudah memiliki keunggulan, tinggal kita naikan,” ucap Amalia dalam Seminar Nasional CORE Indonesia di Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Produk kedua, yakni kelapa, Amalia menyatakan bahwa Bappenas telah menyiapkan konsep perencanaan hilirisasi produk ini. Menurutnya, RI pernah menjadi negara penghasil kelapa terbesar di dunia, namun kini justru kalah dengan Filipina.

Meski demikian, ia menyatakan industri kelapa di Indonesia masih sangat minim karena mayoritas kebun kelapa masih dikelola secara pribadi oleh individu tertentu. Serta,RI masih mengandalkan ekspor kelapa yang masih belum diolah atau butiran kelapa.