Logo Bloomberg Technoz

Alibaba Punya AI Penerjemah, Klaim Lebih Canggih dari ChatGPT

Redaksi
16 October 2024 13:16

Papan nama Alibaba. (Dok: Bloomberg)
Papan nama Alibaba. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Grup e-commerce terbesar di China, Alibaba, merilis fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terbaru dengan fungsi penerjemah 15 bahasa, beberapa di antaranya Rusia, Turki, Ukraina, Italia, Jerman, hingga Jepang.

Fitur AI sebagai tool penerjemahan disebut-sebut sebagai produk yang lebih unggul dari Google, DeepL hingga ChatGPT, dilansir dari CNBC.com, Rabu (16/10/2024). Penilaian model AI milik Alibaba, Marco MT, dinyatakan oleh Flores, kata perusahaan.

Alibaba yang memiliki 500.000 pedagang akan mendapat keuntungan dari unit bisnis pengembangan model AI penerjemahan. Produk ini telah rilis sejak tahun lalu dan terus mendapatkan pembaruan model AI.

“Ide dari tools AI ini bagaimana kami bisa mendukung terciptanya laba dari para pedagang perusahaan, karena saat merchant menerima manfaat maka platform juga merasakan hal yang sama,” jelas Kaifu Zhang, VP Alibaba International Digital Commerce Group, sekaligus kepala bisnis interaktif AI.

Penjual yang berbasis di satu negara dapat menggunakan alat penerjemahan untuk membuat halaman produk dalam bahasa target pasar. Alat penerjemahan Alibaba didasarkan pada modelnya sendiri disebut juga dengan Qwen.