Logo Bloomberg Technoz

Sejumlah saham teknologi yang menjadi pendorong kenaikan IHSG, PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK) yang melesat 21,7%, saham PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang menguat 18,4%, dan saham PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) dengan kenaikan 4,57%.

Senada, saham infrastruktur juga ikut menguat i.a, PT Total Bangun Persada Tbk (TOTL) terbang 11,1%, PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW) melesat 9,73%, dan PT PP Presisi Tbk (PPRE) yang menguat 6,67%.

Saham-saham LQ45 yang bergerak pada teritori positif hingga menjadi penopang laju IHSG antara lain, PT Sido Muncul Tbk (SIDO) melesat 2,30%, dan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) dengan kenaikan 1,61%.

Tren Bullish juga terjadi pada saham LQ45 berikut, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menguat 1,52%, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melonjak 1,16%. Dan juga saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) melesat 1,01%.

Adapun kinerja bursa di Asia siang hari ini bergerak bervariasi. Indeks Hang Seng Hong Kong melesat dengan kenaikan 0,90%, indeks Strait Times Singapore menguat 0,42%, dan indeks Shanghai menguat 0,40%. Sementara itu, indeks Nikkei 225 drop 1,65%, dan indeks Kospi melemah 0,70%.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari dalam negeri. Presiden Terpilih Prabowo Subianto tengah memberikan pembekalan kepada sejumlah Calon Menteri di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Prabowo Subianto akan membagikan pembekalan terkait dengan isu geopolitik, antikorupsi hingga Produk Domestik Bruto (PDB) kepada para Calon Menteri, Wakil Menteri hingga Kepada Badan. 

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak mengonfirmasi bahwa jadwal kegiatan pembekalan tersebut terkait dengan Pemerintahan yang bersih atau antikorupsi, geopolitik, hingga strategi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Prabowo Subianto. (Ore Huiying/Bloomberg)

Hingga sampai dengan siang ini, lebih dari 60 orang telah hadir di Hambalang untuk mengikuti kegiatan pembekalan yang dilangsungkan di Padepokan Garuda Yaksa.

Pembekalan selama dua hari ini turut dihadiri Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu tiba pukul 07.15 WIB di Hambalang, Bogor.

Pantauan Bloomberg Technoz di lapangan, sejumlah Calon Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan/Lembaga yang sudah hadir ialah Panglima TNI Agus Subiyanto hingga Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Tampak pula calon menteri yang menggunakan kendaraan dengan pelat RI 45 hingga 48. Sebagaimana diketahui kendaraan dinas berpelat RI 45 digunakan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang saat ini masih dijabat Erick Thohir. Sementara pengguna RI 48 ialah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, berdasarkan catatan Bloomberg Technoz, Prabowo telah memanggil sebanyak 49 nama yang disebut-sebut akan menjadi Calon Menteri dan Calon Kepala Lembaga Negara pada Senin (14/10/2024). 

Sehari kemudian, Prabowo kembali memanggil 59 nama yang kabarnya menjadi Calon Wakil Menteri (Wamen) dan Calon Kepala Lembaga Negara.

(fad)

No more pages