Logo Bloomberg Technoz

Pemerintahan Baru Didorong Tetap Kasih Insentif Motor Listrik

Pramesti Regita Cindy
16 October 2024 12:20

Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. (Dok kemenperin.go.id)
Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. (Dok kemenperin.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi menegaskan bahwa pihaknya tetap berupaya mendorong pertumbuhan industri motor listrik, meskipun ada potensi bahwa subsidi pemerintah untuk motor listrik (molis) tidak dilanjutkan. 

Hal ini disampaikannya menyusul diskusi Aismoli dengan pimpinan DPR RI, minggu lalu mengenai kebijakan subsidi pembelian motor listrik. 

Menurut Budi, jika subsidi tidak dilanjutkan, Aismoli akan mencari cara agar daya serap motor listrik di masyarakat tetap kuat. Salah satu opsi yang didorong adalah menghadirkan insentif lain dari pemerintah, baik dalam bentuk bantuan langsung atau skema koperasi yang memungkinkan masyarakat membeli motor listrik dengan harga lebih terjangkau. 

"Untuk mendorong itu yang pertama ya tentunya memberikan bantuan, pemerintah lah ya, apakah nanti koperasi atau apa bentuknya, yang penting kalau orang mau membeli motor listrik itu ya ada diberikan semacam insentif lah gitu ya, pengurangan lah dengan nanti nomenklaturnya apa," kata Budi ketika dihubungi, dikutip Rabu (16/10/2024). 

Sekadar catatan, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mentargetkan 2 juta unit mobil listrik dan 13 juta unit kendaraan listrik roda dua di jalan pada tahun 2030 mengaspal di jalan raya.