Logo Bloomberg Technoz

RI Siap Ekspor Motor Listrik, Sasar Asia Tenggara & Afrika

Pramesti Regita Cindy
16 October 2024 12:30

Ilustrasi motor listrik Electrum
Ilustrasi motor listrik Electrum

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) optimistis ekspor motor bertenaga baterai berpotensi terus meningkat. Ekspor motor listrik asal Indonesia sudah masuk ke negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Kamboja.

Asimoli pekan lalu memaparkan rencana industri motor listrik nasional memanfaatkan peluang ekspor. Ketua Asimoli Budi Setiyadi ekspansi pasar luar negeri  akan menyasar pasar negara Asia Tenggara lainnya, Thailand dan Afrika, dan berlanjut ke negara-negara di Afrika. 

"Kita sudah sepakat adanya industri, tapi yang sekarang sudah mulai jalan itu ke Malaysia dan Kamboja. Kemudian ada potensi yang lain itu memang Thailand, Vietnam kemudian ke Afrika," ujar Budi ketika dihubungi, dikutip Rabu (16/10/2024).

Budi menambahkan, untuk ekspor motor listrik secara masif, beberapa produsen motor listrik Indonesia sudah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa mitra kerjasama.

Beberapa perusahaan yang terlibat dalam perjanjian ini termasuk United E-Motor yang bekerja sama dengan Malaysia dan PT KK Brothers Energi  yang berencana mengekspor ke Kamboja.