Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian Trump  masih dipandang sebagai kandidat yang lebih pro-kripto. Trump telah bersumpah untuk menjadikan AS sebagai “ibu kota kripto Bumi” - sebuah perubahan yang mengejutkan karena mantan presiden sebelumnya menjuluki sektor ini sebagai “penipuan”.

Diketahui pasar tengah mencari cara mendukung pejabat yang lebih ramah atas peraturan, di tengah Komisi Sekuritas & Bursa di bawah pimpinan Gary Gensler terus melakukan upaya keras dan kritis.

Pergerakan Bitcoin hingga Selasa malam waktu Indonesia, 15 Oktober 2024.

Panji Yudha, riset analis dari Ajaib Kripto menyatakan Bitcoin akan terus naik hingga US$68.000, didukung oleh data inflasi yang naik dan harapan masih ada di benak pelaku pasar atas pemangkasan suku bunga oleh The Fed, “sehingga sentimen terhadap aset berisiko seperti Bitcoin tetap positif.”

Menurut dia korelasi positif sepanjang bulan Oktober Bitcoin selalu naik, kecuali pada 2023 dimana sempat terjadi penurunan 7% di paruh pertama Oktober sebelum rally sebesar 30% hingga akhir bulan.

“Momentum historis ini juga menjadi salah satu katalis penting yang bisa mendukung pergerakan bullish Bitcoin di sisa bulan ini.”

Pada bagian lain, Bitcoin secara rata-rata mengalami kenaikan 20% selama bulan Oktober dalam satu dekade terakhir. Ini menjadikan bulan Oktober sebagai periode terkuat dalam setahun secara musiman untuk mata uang digital asli, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan.

“Data historis menunjukkan bahwa kekuatan musiman bulan Oktober di pasar kripto biasanya tertimbang pada paruh kedua bulan ini,” tulis Sean Farrell, kepala strategi aset digital di Fundstrat Global Advisors LLC, dalam sebuah catatan.

Koin Ethereum naik tipis 0,2% pada pergerakan Rabu siang dan bertahan di kisaran US$2.617,75. Meski begitu Ether masih bergerak 6,9%  lebih tinggi dibandingkan  minggu sebelumnya. BNB Koin menguat 1,5% melanutkan tren bullish satu hari sebelumnya menjadi US$593,87. 

Harga Polkadot US$4,38, mencatatkan kenaikan tipis 0,2% menjadi US$4,38. Shiba Inu US$0,000018 dibandingkan hari Selasa turun 1,1%, mengekor Avalanche yang -3,2% dalam 24 jam terakhir dan sementara berada di US$27,79.

Altcoin lain seperti Solana SOL justru turun 0,9% dalam 24 jam menjadi US$154,32 namun 7,1% masih positif dibandingkan hari yang sama minggu lalu. Dogecoin milik Elon Musk juga turun 0,2% dibandingkan Selasa namun positif 7% dibandingkan pekan sebelumnya menjadi US$0,1163. Pergerakan 24 jam terakhir XRP Koin juga  negatif 0,8% menjadi US$0,54.

(fik/wep)

No more pages