Logo Bloomberg Technoz

Pengiriman iPhone Apple Rekor, Sedikit Lagi Kalahkan Samsung

Redaksi
16 October 2024 09:30

iPhone 16 dengan fitur unggulan Apple Intelligence. (Bloomberg)
iPhone 16 dengan fitur unggulan Apple Intelligence. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seiring pemulihan pasar ponsel pintar (smartphone) dunia, Apple Inc mencatatkan kenaikan penjualan terbaru pada kuartal tiga 2024. Meski sama-sama menguasai pangsa pasar 18%, Apple kalah tipis dari produsen elektronik asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co. Ltd.

Catatan ini menjadi menarik karena Apple lebih belakang dalam pengenalan hp smartphone terbarunya, 9 September. Bandingkan dengan Samsung pada bulan Juli. Ini berarti terjadi kinerja penjualan signifikan atas produk Apple, tampak dari kenaikan pangsa pasar 1%. Pada bagian lain Samsung menurun 3%, menurut analisis dari Canalys.

Pada urutan ketiga ada Xiaomi dengan persentase pangsa pasar pengiriman 14%. OPPO menyundul ke urutan empat dengan 9% efek pertumbuhan yang kuat di pasar India dan Amerika Latin. vivo pada klasemen kelima, meraiah 9%.

Volume pengiriman Apple kuat sepanjang kuartal diduga karena ketepatan pemilihan waktu rilis produk baru. Meski demikian  Runar Bjørhovde, analis di Canalys berargumen pengiriman terbesar justru berasal dari iPhone 15, smartphone Apple yang rilis tahun lalu, juga beberapa model lebih lama.

iPhone 16. (Bloomberg)

“Apple mencapai volume kuartal ketiga tertinggi hingga saat ini dan tidak pernah lebih dekat untuk memimpin pasar smartphone global di Q3 dibandingkan sekarang,” jelas Bjørhovde. Hal ini “memainkan peran penting dalam kinerja kuartal tiga.”