Logo Bloomberg Technoz

Dia juga merupakan anak kandung dari konglomerat pendiri Teladan Group, Basuki Tjokronegoro. Sementara itu, suaminya, Wisnu Wardhana, kini juga menjabat sebagai Direktur Utama TLDN.

Dia dipanggil Prabowo pada hari Selasa dalam seleksi sebagai calon Menteri. Usai pemanggilan tersebut, dia tak membeberka lebih lanjut soal posisinya. "Saya hanya datang ke sini memenuhi undangan saja, nanti biar Bapak yang jelaskan," ujarnya kepada wartawan.

Usai pemanggilan tersebut, saham TLDN juga tercatat sempat mengalami kenaikan signifikan, dengan penutupan kemarin naik 16,94% atau 84 poin ke level 580.

Dudy Purwaghandi

Selain Widyasanti, Dudy Purwaghandy merupakan komisaris PT PLN (Persero) sejak beberap tahun lalu. Selain itu, dia juga merupakan CEO PT Jhonlin Air Transport, salah satu maskapai penerbangan miliki taipan Kalimantan Selatan Haji Isam.

Di BEI, terdapat emiten yang terafiliasi dengan Haji Isam, yakni PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) dan PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN). Saham JARR tercatat mengalami kenaikan signifikan hingga ditutup menghijau 8,89% pada perdagangan kemarin.

Rachmat Pambudy

Lalu, ada Rachmat Pambudy. Dia juga tercatat saat ini menduduki kursi komisaris emiten perkebunan sawit PT Nusantara Sawir Sejahtera Tbk (NSSS) sejak 2018, sekaligus seorang akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kemudian, NSSS resmi melantai di BEI pada Mare 2023 lalu, dengan meraup dana segara mencapai Rp453,1 miliar.

Pria berusia 67 tahun itu juga merupakan seorang politisi partai Gerindra, yang juga pernah digadang-gadang sebagai calon Menteri Pertanian (Mentan) sejak Februari lalu.

Sejak 2004, dia juga telah menduduki jabatan struktural di Kementerian Pertanian. Dia juga aktif dalam berbagai advokasi pertanian, dengan menjabat di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)

Erick Thohir

Sementara itu, Erick Thohir saat ini juga merupakan Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI. Dia tercatat memiliki sejumlah emiten yang bergerak di bidang media. Mereka adalah PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) dan PT Maha Media Tbk (ABBA).

Pada pengumuman itu, saham ABBA juga sempat tersengat hingga ditutup naik ke level 8,82% pada perdagangan Selasa kemarin. Kemudian, saham MARI juga melesat 29,41%.

Rosan Perkasa Roeslani 

Rosan, yang kini juga menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM tercatat terafiliasi dengan sejumlah emiten di BEI.

Dia kini juga tercatat menjabat sebagai Presiden Komisaris emiten rumah sakit Grup Lippo, PT Siloam Hospitals Tbk (SILO) sejak Mei lalu. Saham SILO juga ditutup menguat 3,08% pada perdagangan kemarin.

Sakti Wahyu Trenggono

Kemudian, ada juga Sakti Wahyu Trenggono. Dia saat ini juga tengah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dia sempat menjabat sebagai komisaris PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), emiten penyedia menara telekomunikasi sejak 2009 hingga 2019, dan di PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) pada 2018-2019.

Dia juga merupakan pendiri perusahaan telekomunikasi ternama, PT Solusindo Kreasi Pratama sekaligus menjadi Direktur Utama sejak 2000 hingga 2009.

Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo saat ini juga tengah menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Politisi muda Golkar tersebut juga memiliki afiliasi secara tidak langsung terhadap emiten di pasar modal.

Emiten tersebut yakni PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR), sebuah perusahaan bidang perkebunan sawit milik Maktour Group, yang tak lain adalah milik mertua Dito, Fuad Hasan Masyur.

Diaz Hendropriyono

Kemudian, ada juga Diaz Hendropriyono, yang juga masuk menjadi panggilan Prabowo. Dia merupakan anak dari Hendropriyono, mantan Kepala BIN RI.

Saat ini, Diaz juga merupakan komisaris di emiten distribusi produk digital PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) sejak 2022 lalu. Dia juga menjabat sebagai staff khusus Presiden Jokowi.

(ibn/dhf)

No more pages