Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, Budi Gunawan membagikan kesannya selama bekerja di bahwa kepemimpinan Presiden Jokowi. Budi membangun kesan positif, bahwa Jokowi merupakan pemimpin yang serius dalam bekerja. 

"Terus terang menjadi anak buah Bapak Presiden Jokowi ini sangat menantang, karena beliau filosofinya adalah semangat Bandung Bondowoso," ujar Budi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan surat presiden (Surpres) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tentang pengajuan calon tunggal kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru. Dia mencopot purnawirawan jenderal polisi yang sangat dekat dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Budi Gunawan.

Dalam surat tersebut, Jokowi pun menunjuk kepala BIN yang baru yaitu wakil Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan yaitu Letnan Jenderal purnawirawan Muhammad Herindra.

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres (surat presiden) pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra," kata Ketua DPR RI Puan Maharani usai Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Selasa (15/10/2024).

(ain)

No more pages