Logo Bloomberg Technoz

Ada Calon Investor Asing Bawa Investasi Rp80 T, Incar Bisnis Ini

Sultan Ibnu Affan
15 October 2024 19:50

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani (tengah) saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura. (BKPM)
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani (tengah) saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura. (BKPM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  Rosan Roeslani mengungkapkan Indonesia akan kembali kedatangan dua investor asal Korea Selatan dan China hingga akhir tahun 2024.

Mereka disebut Rosan akan berinvetasi dalam bidang energi bersih, yakni pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), dengan perkiraan total nilai mencapai hampir Rp80 triliun.

"Kita sudah pembicaraan dengan dua perusahaan Korea dan China, sudah final stage. Saya yakin dalam waktu satu sampai dua  bulan ini kita sudah rampung. Investasinya cukup signifikan kurang  lebih hampir 80 triliun," ujar Rosan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (15/102/2024).

Rosan mengungkapkan, kedua perusahaan tersebut juga nantinya akan bekerja sama dengan perusahaan pelat merah PT Aneka Tambang Tbk atau Antam (ANTM), yang juga tengah gencar ekspansi tambang mineral.

Serangkaian investasi ini, lanjut Rosan, juga sesuai dengan komitmen global dalam energi bersih dan tren permintaan global terhadap ekosistem industri hijau di Tanah Air, yang pada akhirnya juga dapat memberikan efek pada peningkatan investasi.