Logo Bloomberg Technoz

Langkah-langkah Beijing datang terlambat untuk hasil kuartal ketiga sektor barang mewah, yang diprediksi oleh analis di Bank of America Corp. akan menunjukkan pertumbuhan penjualan terlemah untuk sektor yang bermasalah ini sejak Covid. 

Namun, komentar positif dari LVMH dapat memberikan sedikit kelegaan bagi seluruh kompleks, dan bahkan dapat meningkatkan sentimen di pasar saham Eropa secara lebih luas. Saham barang mewah mewakili hampir 10% dari indeks Euro Stoxx 50.

Analis Barclays Plc, Carole Madjo dan Wendy Liu, melihat minat yang lebih besar terhadap sektor barang mewah sejak kabar stimulus China. 

Meskipun mereka memprediksi pertumbuhan organik nol untuk divisi utama mode dan barang kulit raksasa barang mewah tersebut, pasar akan mencari "pandangan LVMH terhadap berita stimulus baru-baru ini; serta pandangan tentang kinerja Golden Week dan tren perjalanan."

"Banyak investor percaya bahwa kita mendekati akhir siklus penurunan pendapatan dan secara alami melihat LVMH sebagai nama yang menarik mengingat statusnya sebagai proxy sektor ini," tambah mereka.

Europe's Luxury Stocks Struggle Amid China Slowdown. (Sumber: Bloomberg)

Pendapatan dari sektor barang mewah berada di bawah tekanan tahun ini, dengan perusahaan-perusahaan seperti Kering, Burberry Group Plc, dan Hugo Boss AG mengeluarkan peringatan laba. 

Itu berarti ekspektasi musim ini cukup rendah — estimasi laba sektor ini untuk 12 bulan ke depan telah turun sebesar 10%. Meski begitu, data menunjukkan pemulihan kemungkinan tidak akan berlangsung cepat — selama liburan Golden Week tahun ini, warga Tiongkok menghabiskan lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi.

Secara keseluruhan, laporan laba akan menjadi "tantangan" di seluruh sektor ini, kata Florian Ielpo, kepala penelitian makro di Lombard Odier Asset Management. 

Meski demikian, dia "menaruh banyak harapan pada panduan ke depan yang akan kita dapatkan dari semua perusahaan tersebut, karena mereka akan menjadi yang pertama menyaksikan apakah stimulus tersebut berhasil atau tidak."

Luxury Sector's Profit Forecasts Plummet. (Sumber: MSCI, Bloomberg)

Analis BofA lebih pesimistis, memprediksi bahwa pendapatan keseluruhan di sektor ini menurun 2% secara tahunan. Mereka juga berpendapat bahwa masih terlalu dini untuk melihat tanda-tanda pemulihan di China, yang berarti industri ini mungkin akan mengalami lebih banyak penurunan laba.

Mereka menyarankan untuk memposisikan diri pada merek-merek kelas atas, termasuk pembuat tas dan syal Hermes International SCA dan perusahaan kasmir Brunello Cucinelli SpA. Kedua perusahaan ini diperkirakan oleh BofA akan mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 10%.

Luxury Stocks' Valuations Have Come Down. (Sumber: Bloomberg)

Di tengah suasana suram, ada beberapa hal positif. Ekspektasi pendapatan kini lebih realistis dan valuasi lebih murah dibandingkan puncak sebelumnya. Indeks yang melacak sektor Eropa diperdagangkan sekitar 26 kali dari estimasi laba gabungan 12 bulan ke depan, jauh dari level tinggi yang terlihat selama pandemi.

Beberapa analis juga ingin menunjukkan bahwa permintaan dari Tiongkok bukanlah seluruh cerita. Zuzanna Pusz dari UBS Group AG memperkirakan konsumen Tiongkok mendorong sekitar 25% pertumbuhan penjualan barang mewah sejak 2015.

"Investor terlalu sedikit memperhatikan 70% konsumen barang mewah lainnya di seluruh dunia," kata Pusz, merekomendasikan klien untuk fokus pada tren konsumsi di AS, Eropa, Timur Tengah, Korea Selatan, dan Jepang. Pasar-pasar ini dapat memungkinkan sektor tersebut mencatatkan pertumbuhan penjualan organik sebesar 4% tahun depan, tambahnya.

(bbn)

No more pages