Logo Bloomberg Technoz

Usai bertamu di Kertanegara, rumah Prabowo, Sri Mulyani menyampaikan “saat pembentukan kabinet, beliau meminta saya untuk kembali menjadi Menkeu lagi.”

Menurut Sri Mulyani, saat memimpin pemerintahan Prabowo akan serius memperkuat keuangan negara untuk mendukung program pemerintah ke depan. Ia pun menyatakan “kami akan membantu semaksimal mungkin.” 

Untuk diketahui sebelumnya, sebagian kalangan menganggap Sri Mulyani akan menuntaskan masa baktinya sebagai Menkeu seiring lengsernya Presiden Jokowi 20 Oktober nanti.

Tidak seperti IHSG, kinerja kurs rupiah justru menurun 0,13% ke level Rp15.575/US$ Selasa sore. Daya magis 'SMI effect' tidak mempan untuk rupiah. “Pasar masih menanti pemilihan kabinet presiden Prabowo Subianto mendatang dengan kemungkinan adanya rencana kenaikan PPN yang akan ditunda,” tulis Trimegah Securities. 

Hari ini juga dipublikasikan kinerja neraca perdagangan bulan September yang melemah. Terjadi potensi pelebaran defisit transaksi berjalan pada kuartal III-2024.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) atas ekspor lesu. Mengindikasikan permintaan global yang masih belum pulih.

Pada saat yang sama imporlebih anjlok. Mencerminkan dampak kelesuan permintaan dunia usaha dan daya beli masyarakat di tengah kontraksi manufaktur tiga bulan terakhir.

(wep)

No more pages