Logo Bloomberg Technoz

PTBA Garap Hilirisasi Batu Bara Jadi Baterai, Gandeng CATL

Dovana Hasiana
15 October 2024 17:50

Tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam. (Dok. PTBA)
Tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam. (Dok. PTBA)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) mengatakan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggandeng Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) untuk penghilirian atau hilirisasi batu bara menjadi bahan baku baterai lithium-ion (Li-ion).

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan CATL berperan dalam memasok material katoda baterai, sementara anoda berasal dari kerja sama antara PTBA dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Hari ini kita sudah buatin prototyping-nya. Sekarang kita lagi buatin yang skill-nya skill pilot. Malah kita sebenarnya kemarin sudah join sama CATL, untuk cathode material-nya dari CATL,” ujar Dilo saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024).

Namun, Dilo mengatakan proyek tersebut masih berupa proyek pilot dan memerlukan pengembangan lebih lanjut, mulai dari konduktivitas dan densitas, hingga sesuai dengan kelas internasional. Dilo mengatakan target produksi komersial skala besar bisa dikejar pada 2028 mendatang.

Baterai sodium-ion CATL./Bloomberg-Krisztian Bocsi

Sebelumnya, PTBA bekerja sama dengan BRIN memulai proyek pilot konversi batu bara menjadi grafit artifisial dan lembaran anoda untuk bahan baku baterai litium.