Logo Bloomberg Technoz

Usai Kebakaran, Unit Smelter Tembaga Freeport Berhenti Sementara

Dovana Hasiana
15 October 2024 16:00

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) mengatakan unit fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur tengah berhenti usai peristiwa kebakaran kemarin.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan hal ini dilakukan karena perseroan perlu melakukan investigasi keseluruhan terhadap smelter yang terbakar pada Senin (14/10/2024) tersebut.

“Ya pasti di bagian itu kita stop, kita harus investigasi semua kan,” ujar Dilo saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024).

Namun, Dilo mengatakan hal tersebut tidak serta-merta membuat produksi katoda tembaga dari Freeport berhenti. Sebab, perseroan saat ini memiliki 1 smelter katoda tembaga lainnya melalui PT Smelting di Gresik, Jawa Timur.

Dilo memproyeksikan target produksi katoda tembaga yang dihasilkan smelter PTFI tidak tercapai usai peristiwa kebakaran yang terjadi di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant.