Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, Dilo mengatakan peristiwa kebakaran tersebut terjadi saat masih proses commissioning, di mana seluruh perlengkapan dan fasilitas di sana masih baru.

“Jadi kalau memang ada kekurangan itu bagian daripada ya memang perlu diperbaiki, itu kan memang dari kontraktor semuanya masih guarantee,” ujarnya.

Freeport Indonesia mengatakan akan melakukan evaluasi untuk menilai dampak peristiwa kebakaran terhadap rencana peningkatan kapasitas operasi.

VP Corporate Communications Freeport Indonesia Katri Krisnati menyebut perseroan juga akan melakukan penilaian atau assessment kerusakan dan evaluasi penyebab utama insiden tersebut.

“Kebakaran yang terjadi pada Senin [14/10/2024] sekitar pukul 17.45 WIB di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter PTFI telah berhasil dipadamkan pada malam hari,” ujar Katri kepada Bloomberg Technoz, Selasa (15/10/2024).

Sekadar catatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum lama ini meresmikan produksi dari smelter katoda tembaga milik Freeport di Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Senin (23/9/2024). Namun, smelter tersebut memang belum beroperasi secara penuh.

Dalam kapasitas penuh, Tony mengatakan, smelter katoda tembaga tersebut bakal menghasilkan 900.000 ton hingga 1 juta ton katoda, bergantung pada kadar tembaga yang diolah.

“Nanti mulai Januari akan 100% dimurnikan di dalam negeri. 100% yang akan menghasilkan tembaga kira-kira 900.000 ton sampai 1 juta ton tergantung kadar tambang. Hasilnya 99,9% furnace of copper, furnace of gold, furnace of silver,” ujar Tony dalam agenda BNI Investor Daily Summit 2024, pekan lalu.

(dov/wdh)

No more pages