Logo Bloomberg Technoz

MIND ID: Target Produksi Smelter Freeport Meleset, Efek Kebakaran

Dovana Hasiana
15 October 2024 15:20

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) memperkirakan target produksi katoda tembaga dari smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur tidak akan tercapai, menyusul peristiwa kebakaran yang terjadi di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo belum menjelaskan dengan lengkap ihwal perubahan target produksi smelter Manyar pada akhir tahun ini, tetapi memastikan Freeport Indonesia bakal melakukan perhitungan ulang.

“Akhir tahun kan memang direncanakan produksi penuh, tetapi mungkin tidak bisa sampai 750.000 ton, nanti kita lihat. Kita masih berupaya, inginnya tetap [bisa produksi] penuh. Kita mesti estimasi ulang lagi, belum tahu [berapa target produksi],” ujar Dilo saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024).

Ilustrasi laboratorium pabrik katoda./Bloomberg-Renaud Philippe

Upaya Perbaikan

Saat ini, Dilo mengatakan PTFI sedang melakukan perbaikan terhadap fasilitas smelter yang rusak imbas kebakaran tersebut. Sejalan dengan itu, perseroan juga tengah mencari penyebab terjadinya kebakaran.