Logo Bloomberg Technoz

Sekadar catatan, warga Pulau Mengare, Gresik, Jawa Timu melakukan aksi demonstrasi damai di wilayah pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) pada hari ini, Selasa (15/10/2024).

Dalam surat pemberitahuan kepada Kepolisian Sektor Bungah, demonstrasi tersebut dilakukan dengan tuntutan minimnya lowongan pekerjaan, secara khusus di PT Freeport Indonesia (PTFI) dan secara umum di KEK JIIPE.

Adapun, sekitar 1.000 warga bakal melakukan aksi demonstrasi pada pukul 08.00–17.00 WIB dengan membawa alat peraga berupa bendera, poster dan spanduk.

“Sehubungan dengan banyaknya tuntutan masyarakat Mengare minimnya lowongan pekerjaan di PTFI khususnya dan PT di kawasan JIIPE umumnya maka kami akan melakukan aksi demonstrasi damai,” bunyi surat tersebut, dikutip Senin (14/10/2024).

Dalam sebuah kesempatan, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan bahwa fasilitas pemurnian atau smelter katoda tembaga baru di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur ini mampu menyerap hingga 2.000 tenaga kerja saat beroperasi penuh.

“Selama beroperasi nantinya pada saat operasi penuh ini akan mempekerjakan 2.000 orang, 1.200 karyawan kontraktor dan 800 karyawan langsung PTFI,” ujar Tony dalam agenda peresmian produksi smelter.

Saat itu, Tony juga mengatakan selama masa konstruksi, smelter telah mempekerjakan 40.000 tenaga kerja secara kumulatif.

(wdh)

No more pages