Logo Bloomberg Technoz

MIND ID Blak-blakan Soal Offtaker Katoda dari Smelter Freeport

Dovana Hasiana
15 October 2024 13:50

Tumpukan keping katoda kobalt./Bloomberg- Jasper Juinen
Tumpukan keping katoda kobalt./Bloomberg- Jasper Juinen

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) memaparkan upaya pengembangan industri hilir penyerap produk katoda tembaga dari smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Manyar, Gresik, Jawa Timur masih terus dipacu.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan saat ini setidaknya sudah ada 2 industri yang sudah pasti akan menyerap katoda tembaga dari smelter, yang baru saja mengalami insiden kebakaran pada Senin (14/10/2024), tersebut.

“Kita sudah dapat dua ya. Terakhir baru tanda-tangan MoU melalui IBC [Indonesia Battery Corporation] untuk bekerja sama [mendirikan pabrik] copper foil yang menyerap katoda tembaga [dari smelter Freeport di Manyar],” ujar Dilo saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024).

Adapun, pabrik foil tembaga tersebut membutuhkan kepastian suplai katoda karena diproyeksikan memiliki kapasitas produksi sebesar 200.000—300.000 ton per tahun, dengan nilai investasi sekitar US$1,5 miliar—US$2 miliar. 

Foil Tembaga.

Selain itu, Dilo mengatakan industri yang bakal menyerap katoda tembaga dari smelter Freeport kemungkinan akan datang dari PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). Namun, dia tidak mengelaborasi proyek hilir apa yang disiapkan oleh MDKA untuk menyerap produksi katoda smelter Manyar.