Logo Bloomberg Technoz

Smelter Freeport di Manyar Kebakaran, ESDM Akan Turun Tangan

Dovana Hasiana
15 October 2024 12:00

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan penyelidikan terhadap kebakaran yang terjadi di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur tengah dilakukan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM Siti Sumilah Rita Susilawat mengatakan penyelidikan tengah dilakukan untuk memastikan penyebab kejadian serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah insiden serupa pada masa depan.

“Keselamatan kerja adalah prioritas utama, dan Kementerian ESDM akan terus bekerja sama dengan perusahaan untuk memastikan standar keselamatan dipatuhi dengan ketat,” ujar Rita kepada Bloomberg Technoz, Selasa (15/10/2024).

Selain itu, Rita mengatakan, Kementerian ESDM akan memastikan agar upaya pencegahan dan mitigasi risiko dilakukan secara berkelanjutan demi melindungi keselamatan para pekerja dan lingkungan di sekitar fasilitas tersebut.

Menurut Rita, Kementerian ESDM berkomitmen untuk mengawasi penerapan protokol keselamatan yang lebih baik untuk meminimalkan risiko pada masa mendatang.