Logo Bloomberg Technoz

BYD Beberkan Biang Kerok Penjualan Mobilnya di RI Anjlok 40%

Pramesti Regita Cindy
15 October 2024 11:10

Peluncuran BYD untuk pasar mobil listrik di Indonesia. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Peluncuran BYD untuk pasar mobil listrik di Indonesia. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT BYD Motor Indonesia buka suara ihwal laporan penurunan penjualan mobilnya pada September 2024, yang tercatat dalam rekapitulasi data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Head of PR and Government Relations PT BYD Indonesia Luther Panjaitan menilai penurunan penjualan produk BYD tersebut sejalan dengan kondisi pasar otomotif nasional yang mengalami sedikit fluktuasi pada periode tersebut.

"Kami di BYD Indonesia menyadari akan penurunan penjualan pada September 2024. Hal ini sejalan dengan data Gaikindo yang menunjukkan adanya sedikit penurunan di pasar otomotif nasional. Meskipun demikian, BYD tetap optimis dan melihat hal ini sebagai bagian dari dinamika pasar yang fluktuatif," jelas Luther kepada Bloomberg Technoz, Selasa (15/10/2024).

Mobil BYD./Bloomberg- Valeria Mongelli

Meskipun terjadi penurunan penjualan, Luther juga menekankan penjualan BYD secara wholesales tetap stabil di angka sekitar 2.000 unit, dan BYD terus mempertahankan posisinya sebagai pemain utama di segmen kendaraan listrik selama tiga bulan berturut-turut.

"BYD tetap menjadi key player di segmen kendaraan listrik selama tiga bulan berturut-turut," sambungnya.