Logo Bloomberg Technoz

Namun perlu dicermati bahwa Stochastic RSI berada di 33,48. Menghuni area jual (sell).

Oleh karena itu, rasanya harga emas masih berada dalam tekanan. Target support terdekat ada di US$ 2.643/troy ons yang menjadi Moving Average (MA) 10. Jika tertembus, maka US$ 2.639/troy ons bisa menjadi target berikutnya.

Sementara pivot point berada di US$ 2.653/troy ons. Penembusan di titik ini berpotensi membawa harga emas naik ke kisaran US$ 2.659-2.664/troy ons.

China vs Taiwan Memanas

Kenaikan harga emas pagi ini disebabkan oleh investor yang masih mempertimbangkan emas sebagai aset yang dipandang aman (safe haven). Friksi geopolitik membuat emas menjadi pelarian.

Tidak hanya di Timur Tengah, tensi geopolitik di Asia pun meningkat. Kemarin, China menggelar latihan militer di sekitar perbatasan dengan Taiwan. Pesawat-pesawat tempur China diterbangkan mengelilingi wilayah kepulauan Taiwan.

Bloomberg News mengabarkan, seorang juru bicara militer China menyebut dalam pernyataannya di media sosial bahwa latihan itu melibatkan angkatan darat, laut, udara, dan roket.

Aktivitas militer tersebut merupakan "peringatan keras terhadap tindakan separatis pasukan 'kemerdekaan Taiwan'," kata sang juru bicara. 

"Ini adalah operasi yang sah dan perlu untuk menjaga kedaulatan negara dan persatuan nasional."

(aji)

No more pages