Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran Smelter Manyar, Freeport Akan Cek Dampak ke Operasional

Dovana Hasiana
15 October 2024 09:10

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Freeport Indonesia (PTFI) mengatakan akan melakukan evaluasi untuk menilai dampak peristiwa kebakaran—yang terjadi di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter milik perseroan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur — terhadap rencana peningkatan kapasitas operasi.

VP Corporate Communications Freeport Indonesia Katri Krisnati mengatakan perseroan juga akan melakukan penilaian atau assessment kerusakan dan evaluasi penyebab utama insiden tersebut.

“Kebakaran yang terjadi pada Senin [14/10/2024] sekitar pukul 17.45 WIB di fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di smelter PTFI telah berhasil dipadamkan pada malam hari,” ujar Katri kepada Bloomberg Technoz, Selasa (15/10/2024).

Katri mengatakan seluruh karyawan telah dipastikan aman, dan tidak ada cedera yang dilaporkan.

Sekadar catatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum lama ini meresmikan produksi dari smelter katoda tembaga milik Freeport di Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Senin (23/9/2024). Namun, smelter tersebut memang belum beroperasi secara penuh.