Logo Bloomberg Technoz

Sentimen Positif Potensial Dorong Penguatan Rupiah Hari Ini

Tim Riset Bloomberg Technoz
15 October 2024 07:45

Karyawan menghitung uang rupiah di Jakarta, Jumat (11/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menghitung uang rupiah di Jakarta, Jumat (11/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah berpeluang menguat di pasar spot hari ini, meskipun indeks dolar Amerika Serikat (AS) kembali merangkak naik semalam.

Hari ini, Bank Indonesia juga akan memulai Rapat Dewan Gubernur bulanan yang akan berakhir Rabu esok dengan keputusan bunga acuan BI rate. Pada saat yang sama, siang nanti, Badan Pusat Statistik juga akan mengumumkan kinerja perdagangan -ekspor impor- Indonesia pada bulan September. 

Kementerian Keuangan juga akan menggelar lelang rutin Surat Utang Negara dengan target indikatif Rp22 triliun hari ini di tengah sentimen pasar obligasi negara yang msih bercampur pada perdagangan membuka pekan kemarin.

Rupiah memiliki sejumlah sentimen positif yang potensial mendukung penguatan. Dari dalam negeri, 'kepastian' bahwa kursi menteri keuangan di kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto akan tetap diduduki oleh Sri Mulyani Indrawati, mungkin akan memberikan sokongan bagi pasar domestik termasuk rupiah.

Selain itu, meredanya ketegangan di Timur Tengah dengan sinyal Israel tidak akan menyerang fasilitas minyak Iran, telah membawa harga minyak dunia kembali kalem.