Logo Bloomberg Technoz

OPEC Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Minyak Dunia Tahun Depan

News
14 October 2024 21:10

Kilang minyak. (Bloomberg)
Kilang minyak. (Bloomberg)

Grant Smith - Bloomeberg News

Bloomberg, OPEC memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan minyak tahun ini dan tahun depan untuk ketiga kalinya berturut-turut, karena kelompok tersebut terlambat menyadari perlambatan penggunaan bahan bakar global.

Konsumsi minyak global diperkirakan akan meningkat sebesar 1,9 juta barel per hari — sekitar 2% — pada tahun 2024, atau 106.000 barel per hari lebih rendah dari proyeksi sebelumnya, kata Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dalam laporan bulanan mereka. 

Revisi ini “sebagian besar disebabkan oleh data aktual yang diterima ditambah dengan ekspektasi yang sedikit lebih rendah” untuk beberapa wilayah, tambahnya.

Dengan tiga penurunan berturut-turut ini, OPEC mulai mundur dari proyeksi yang sangat optimis yang telah dipegangnya sepanjang tahun ini. Meskipun setelah pengurangan tersebut, estimasi permintaannya tetap menjadi outlier — di atas perkiraan bank-bank Wall Street dan rumah perdagangan, serta di ujung atas kisaran yang diharapkan oleh perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco.