Logo Bloomberg Technoz

Kapan Bulan Puasa Ramadhan 2025? Ini Perkiraannya

Referensi
14 October 2024 15:42

Ilustrasi Puasa Ramadhan (Envato/Queenmoonlit3)
Ilustrasi Puasa Ramadhan (Envato/Queenmoonlit3)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bulan Ramadhan 2025 semakin dekat, menjadi momen yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah di mana umat Islam menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. 

Tapi, kapan sebenarnya bulan Ramadhan 2025 dimulai? Dilansir Bloomberg Technoz dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai waktu kedatangan Ramadhan 2025 serta alasan di balik kewajiban puasa.

Kapan Bulan Ramadhan 2025 Dimulai?

Ilustrasi Puasa Ramadhan (Envato/furmanphoto)

Menurut Kalender Hijriyah Global Muhammadiyah 1446 H, 1 Ramadhan 2025 diperkirakan jatuh pada Sabtu, 1 Maret 2025. Pada tanggal tersebut, umat Muslim akan mulai menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadhan biasanya berlangsung selama 29 hingga 30 hari, tergantung pada pengamatan hilal yang menentukan penetapan bulan baru.

Selama bulan ini, umat Muslim diwajibkan berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa ini merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipatuhi oleh setiap Muslim yang memenuhi syarat, seperti yang tertulis dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 183: